Pengertian, Sifat Larutan Asam, Basa, Garam Serta Contohnya

Pengertian, Sifat Larutan Asam, Basa, Garam Serta Contohnya - Selamat siang teman Sains Seru semoga selalu ceria. Baik kali ini kita akan membahas materi kimia yang sering keluar yaitu  Larutan Asam, Basa, dan Garam. Materi ini biasanya sering keluar pada UN SMP, maka dari itu simak baik-baik ya pembahasan materi dibawah ini.
http://www.sainsseru.com/2017/12/pengertian-sifat-larutan-asam-basa.html
Google Image - Pengertian, Sifat Larutan Asam, Basa, Garam Serta Contohnya
Larutan asam dan basa dalam kehidupan sehari-hari sering dimanfaatkan secara luas untuk industri, pertanian, kesehatan, dan penelitian di laboratorium. Oleh karena itu, larutan asam dan basa ini penting untuk dipelajari dalam jenjang SMP ini dan akan lebih lanjut lagi di jenjang SMA sampai ke Perguruan Tinggi.

Larutan Asam, Basa, dan Garam

Seperti yang telah dijelaskan diatas akan pentingnya materi asam, basa, dan garam. Dibawah ini kita akan membahas materi tersebut. Jika nanti ada yang kurang paham bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah yang akan ditanyakan.

1. Asam

Jika dipandang dalam sudut orang awam larutan asam yaitu larutan yang rasanya asam ya kan. Asam banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, lemon, tomat, dan lain-lain.

Kalau di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan bahan yang bersifat asam, seperti bahan penambah rasa makanan yaitu cuka dapur yang didalamnya ternyata mengandung asam asetat. Aki yang sering dijumpai pada kendaraan ternyata mengandung asam sulfat. Kemudian larutan yang ada didalam lambung kita yaitu asam klorida yang berfungsi membantu pencernaan bahan makanan. 

Ciri-ciri atau sifat-sifat dari larutan asam:
(a) Rasanya asam (tidak boleh dicoba kecuali dalam makanan).
(b) Dapat menimbulkan korosi.
(c) Mengubah kertas lakmus menjadi merah.
(d) Mengubah indikator ekstrak kunyit menjadi warna kuning cerah.
(e) Mengubah indikator kubis (kol) merah (mengandung antosianin) menjadi warna merah.
(f) Mengubah indikator bunga sepatu menjadi warna merah cerah.

http://www.sainsseru.com/2017/12/pengertian-sifat-larutan-asam-basa.html
Larutan Asam
Dampak negatif yang ditimbulkan dari larutan asam bagi lingkungan salah satunya yaitu hujan asam. Hujan asam ini dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan gedung dan patung-patung dalam kota. Selain merusak gedung dan patung, hujan asam juga dapat merusak tumbuh-tumbuhan dan dapat menyebabkan kematian pada makhluk hidup yang ada di sungai apabila hujan asam tersebut masuk ke dalam sungai.

Proses terjadinya hujan asam yaitu hujan asam mengandung gas belerang dioksida (SO₂) dan nitrogen oksida (NO) di atmosfer yang sangat tinggi, sehingga gas-gas tersebut akan bereaksi atau bercampur dengan air di atmosfer dan membentuk asam sulfat, asam nitrat, dan senyawa asam lainnya. Jadi ketika terjadi hujan, air yang dihasilkan akan lebih bersifat asam dari air hujan keadaan normal. Air hujan inilah yang dikenal dengan hujan asam.

Asal muasal hujan asam bisa terjadi dari pembakaran minyak bumi seperti hasil pembuangan gas industri dan kendaraan bermotor yang biasanya menghasilkan gas belerang dioksida (SO₂) dan nitrogen oksida (NO).

2. Basa

Basa adalah larutan yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh benda yang mengandung basa yaitu sabun mandi, sabun cuci, sampo, pasta gigi, obat mah, pupuk, dan lain-lain.

Ciri-ciri atau sifat-sifat dari larutan basa:
(a) Mempunyai rasa agak pahit (tidak boleh dicoba).
(b) Terasa licin di kulit.
(c) Mengubah kertas lakmus menjadi biru.
(d) Mengubah indikator ekstrak kunyit menjadi warna jingga.
(e) Mengubah indikator kubis (kol) merah (mengandung antosianin) menjadi warna hijau untuk basa lemah dan kuning basa kuat.
(f) Mengubah indikator bunga sepatu menjadi warna hijau.

http://www.sainsseru.com/2017/12/pengertian-sifat-larutan-asam-basa.html
Larutan Basa
Dalam kehidupan sehari-hari, larutan basa sering direaksikan dengan larutan asam untuk menghasilkan senyawa netral atau dikenal dengan rekasi netralisasi. Pada reaksi netralisasi yang akan dihasilkan yaitu garam dan air.

Contoh penerapan dan manfaat dari reaksi netralisasi dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk pengobatan sakit mag. Proses penetralan sakit mag yaitu ketika kondisi kadar asam di dalam lambung yang tinggi, maka kita harusnya mengobati sakit tersebut dengan menetralkan dengan larutan basa (magnesium hidroksida atau aluminium hidroksida) agar cairan di dalam lambung bisa netral. Contoh lain manfaat reaksi netralisasi adalah pengobatan akibat sengatan serangga, perlingdungan akibat kerusakan gigi, dan pengolahan tanah pertanian.

3. Garam

Jenis senyawa garam yang paling dikenal adalah garam dapur atau biasa disebut dengan natrium klorida (NaCl). Garam ini banyak digunakan dalam pengolahan makanan. Salah satu cara atau reaksi yang digunakan untuk membentuk garam adalah reaksi asam dan basa atau reaksi netralisasi. Sama dengan yang dijelaskan diatas rekasi netralisasi akan menghasilkan garam dan air.

http://www.sainsseru.com/2017/12/pengertian-sifat-larutan-asam-basa.html

Manfaat garam secara luas dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk industri pupuk, obat-obatan, pengolahan makanan, dan bahan pengawet. Contoh reaksi asam dan basa atau reaksi neralisasi dapat dilihat seperti reaksi dibawah ini.
HCl + NaOH  →  NaCl + H₂O
Asam klorida + Natrium hidroksida  →  Garam + Air

Pengertian, Sifat Larutan Asam, Basa, Garam Serta Contohnya - Mungkin sekian dulu ya pembahasan singkat ini tentang Larutan Asam, Basa, dan Garam. Semoga pembahasan singkat diatas dapat bermanfaat bagi teman setia Sains Seru. Jika ada yang mau ditanyakan bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah ya. Untuk pembahasan Unsur, Senyawa, dan Campuran dan Cara Memisahkan Campuran dapat ikuti terus update artikel disini ya. Terimakasih atas perhatiannya, See You.
Previous
Next Post »