Materi Lengkap Alat Optik: Mata, Cacat Mata dan Rumusnya

Materi Lengkap Alat Optik: Mata, Cacat Mata dan Rumusnya - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Alat Optik: Mata dan Cacat Mata. Sebenarnya materi ini sudah pernah di sampaikan di SMP kelas 8, tetapi kita akan coba lebih mendalaminya lagi. Sebenarnya manusia sudah di karuniai oleh Allah SWT alat optik yang sungguh luar biasa yaitu mata. Mata ini lebih hebat dibandingkan dengan alat optik lainnya, cuma memang ada keterbatasan tersendiri. Terlepas dari itu mata kita sudah cukup canggih dari alat optik yang ada, seperti kamera yang memiliki memory card mata juga memiliki penyimpanan yaitu otak kita.
Materi Lengkap Alat Optik: Mata, Cacat Mata dan Rumusnya
Google Image - Materi Lengkap Alat Optik: Mata, Cacat Mata dan Rumusnya
Alat optik merupakan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan dengan prinsip cahaya. Alat optik ini bisa membuat kehidupan manusia menjadi lebih menarik dan indah lagi. Kita bisa menikmati pemandangan yang inda serta mengabadikannya dengan menggunakan alat optik tersebut. Maka dari itu kita akan mencoba membahas alat optik ini.

Mata

Mata adalah alat optik alamiah yang sangat berharga. Mata merupakan bagian dari panca indra yang memiliki fungsi untuk melihat. Mata ini membantu kita melihat lingkungan sekitar kita, teman-teman kita, pemandangan alam, dan lain sebagainya. Bagaimana kalau manusia tidak memiliki mata, pasti akan terlihat gelap gulita.

Apabila kita amati, ternyata mata kita ini memiliki beberapa bagian tertentu dan fungsinya berbeda-beda tetapi saling mendukung. Bagian-bagian mata dapat di lihat pada gambar di bawah ini.
Mata
keterangan.
1. Kornea merupakan bagian terluar mata yang tipis, lunak, dan transparan. Kornea berfungsi menerima dan meneruskan cahaya yang masuk pada mata, serta melindungi bagia mata yag sensitif di dalamnya.
2. Pupil merupakan celah sempit berbentuk lingkaran yang berfungsi agar cahaya dapat masuk ke dalam mata.
3. Iris adalah selaput yang memberikan warna mata dan berfungsi untuk mengatur besar kecilnya pupil.
4. Otot mata adalah otot yang menempel pada lensa mata dan berfungsi untuk mengatur tebal dan tipisnya lensa mata.
5. Lensa mata berbentuk cembung, berserat, elastis, dan bening. Lensa mata berfungsi agar cahaya dari benda membentuk bayangan tepat pada retina.
6. Retina adalah bagian belakang mata yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan.
7. Sel saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan bayangan dari retina menuju ke otak.

Tambahan
1. Aquaeus humour merupakan cairan di depan lensa mata untuk membiaskan cahaya kedalam mata.
2. Vitreous humour adalah cairan di dalam bola mata yang berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa ke retina.
3. Bintik kuning adalah bagian dari retina yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan yang jelas.
4. Bintik buta adalah bagian dari retina yang apabila bayangan jatuh pada bagian ini, maka bayangan akan tampak kurang jelas atau kabur.

Prinsip kerja mata yaitu cahaya yang masuk melalui kornea yang didalamnya terdapat cairan aquaeus humour. Kemudian intensitas cahaya yang masuk ke mata di atur oleh pupil, yakni celah lingkaran yang dibentuk oleh iris. Setelah melewati pupil, cahaya masuk ke dalam lensa mata. Cahaya yang masuk ke dalam lensa hingga tepat di retina, bayangan tersebut bersifat nyata dan terbalik. Bayangan yang terbentuk kemudian di kirim ke otak melalui sel saraf dan di proses di otak untuk di definisikan dari bentuk gambar tersebut.

Daya Akomodasi

Daya akomodasi adalah kemampuan otot mata untuk menebalkan (cembung) atau memipihkan (cekung) lensa mata. Untuk melihat benda yang letaknya dekat, otot akomodasi menegang sehingga lensa mata mencembung dan sebaliknya untuk melihat benda yang jauh otok akomodasi mengendur (relaks), sehingga lensa mata memipih.
Mata
Agar benda atau objek dapat terlihat jelas, objek harus terletak pada daerah jangkauan mata, yaitu antara titik dekat dan titik jauh. Titik dekat (punctum proximum = pp) adalah titik dekat yang bisa di lihat oleh mata (± 25 cm). Titik jauh mata (punctum remotum = pr) adalah titik terjauh mata yang masih terlihat oleh mata, jaraknya tak hingga (∾).

Cacat Mata

Mata kita jika tidak di jaga maka akan mengalami gangguan. Gangguan mata ini biasa di sebut sebagai cacat mata. Cacat mata disini yang akan di bahas ada 4 cacat mata. Cacat mata ini di sebabkan karena kurangnya kemampuan mata untuk berakomodasi atau kemampuan mencembung atau memipih.

a. Miopi (Rabun Jauh)

Miopi adalah kondisi mata yang tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang terletak jauh. Titik jauh penderita miopi lebih dekat dari pada tak hingga (titik jauh < ∾) dan titik dekatnya kurang dari 25 cm (titik dekat < 25 cm). Miopi bisa terjadi karena lensa mata tidak tidak dapat di pipihkan seperti biasa sehingga bayangan dari benda yang letaknya jauh akan jatuh di depan retina. Orang yang terkena miopi dapat di tolong dengan menggunakan kaca mata berlensa cekung (negatif).
Cacat Mata Miopi (Rabun Jauh)

Miopi dapat terjadi karena mata terlalu sering melihat benda yang dekat, cacat mata ini sering dialami tukang jam, tukang las, operator komputer, dan lain sebagainya. Rumus untuk menghitung kekuatan lensa penderita miopi adalah sebagai berikut.
Cacat Mata Miopi (Rabun Jauh)

b. Hipermetropi (Rabun Dekat)

Hipermetropi adalah cacat mata dimana mata tidak bisa melihat dengan jelas benda yang letaknya dekat. Titik dekat hipermetropi lebih jauh dari pada titik dekat mata normal (titik dekat > 25 cm). Hipermetropi disebabkan oleh lensa mata terlalu pipih sehingga bila melihat benda yang letaknya dekat, bayangan akan jatuh dibelakang retina. Penderita hipermetropi  dapat ditolong menggunakan kaca mata berlensa cembung (positif).
Cacat Mata Hipermetropi (Rabun Dekat)

Hipermetropi bisa terjadi dikarenakan mata terlalu sering digunakan melihat benda yang jauh-jauh. Cacat mata ini sering dialami oleh orang-orang dengan pekerjaan sopir, nahkoda, pilot, masinis, dan lain sebaginya. Rumus untuk menghitung kekuatan lensa penderita hipermetropi adalah sebagai berikut.
Cacat Mata Hipermetropi (Rabun Dekat)

c. Presbiopi (Mata Tua)

Presbiopi adalah cacat mata dimana mata tidak bisa melihat dengan jelas benda yang letaknya dekat maupun jauh. Titik dekat mata presbiopi lebih jauh dari pada titik dekat mata normal (titik dekat > 25 cm) dan titik jauhnya lebih dekat dari pada titik jauh mata normal (titik jauh < ∾). Penderita presbiopi bisa dibantu dengan kaca mata berlensa rangkap (kaca mata bifokal). Kaca mata bifokal adalah kaca mata berlensan cekung dan lensa cembung.

d. Astigmatisma

Astigmatisma adalah cacat mata dimana kelengkungan lensa mata tidak rata sehingga berkas sinar yang mengenai mata tidak dapat berkumpul dengan sempurna. Penderita astigmatisma kurang bisa membedakan garis tegak dengan garis datar secara bersama-sama. Penderita astigmatisma bisa dibantu dengan kaca mata berlensa silinder.

Materi Lengkap Alat Optik: Mata, Cacat Mata dan Rumusnya - Oke mungkin cukup dulu ya pembahasan tentang Materi Lengkap Alat Optik: Mata, Cacat Mata dan Rumusnya. Semoga artikel di atas dapat membantu teman setia Sains Seru ya. Untuk selanjutnya kita akan membahas alat optik lainnya maka dari itu ikuti terus ya update artikel disini. Terimakasih atas perhatiannya, See You.
Previous
Next Post »