Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup - Selamat sore teman Sains Seru bertemu lagi kita, kali ini kita akan membahas tentang materi Kimia yang ada di kelas IX SMP yaitu tentang Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup. Oke langsung saja simak baik-baik ya pembahasan dibawah ini.
Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup
Google Image - Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup
Seperti yang telah dipelajari di kelas VII partikel yaitu bagian terkecil suatu zat yang masih mempunyai sifat zat itu. Partikel didalamnya terdapat atom, yang dimana ketika atom-atom berikatan akan membentuk senyawa ataupun campuran. Senyawa-senyawa yang terbentuk itu nantinya menjadi penyusun dari benda mati dan makhluk hidup.

Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup 

Ternyata di dalam tubuh makhluk hidup tersusun dari milyaran atom-atom yang berikatan satu sama lain membentuk senyawa tersusun sedemikian rupa sehingga menjadi suatu bentuk tertentu. Misalnya rambut kita ini ternyata mengandung atom karbon (C), Hidrogen (H), nitrogen (N), dan sulfur (S). Bukan cuma rambut, tulang kita juga mengandung unsur-unsur seperti kalsium (Ca), fosfor (P), dan oksigen (O).

Selain makhluk hidup, benda mati juga seperti balok kayu, sampah plastik, air minum, udara, pakaian, dan benda-benda lain yang merupakan zat kimia yang tersusun atas molekul-molekul tertentu. Dalam senya, molekul-molekul yang tersusun membentuk sifat-sifat tertentu. Misalnya plastik bersifat lentur karena molekul penyusunnya mempunyai rantai panjang, sedangkan arang mudah patah karena susunan antar atom-atom penyusunnya banyak terdapat ruang-ruang kosong.

Teman Sains Seru tubuh manusia dan tubuh makhluk hidup lainnya juga tersusun atas berbagai jenis molekul atau bahan kimia. Molekul berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat diamati dengan mata telanjang dan bahkan tidak bisa diamati dengan mikroskop biasa.

Terlintas di pikiran kita mengapa benda-benda jika dibakar dapat menghasilkan bau yang berbeda-beda? Apabila bulu unggas dan rambut dibakar apakah memiliki bau yang sama? Benda yang dibakar menyebabkan zat-zat yang terkandung di dalamnya berubah menjadi zat yang lain. Terbentuknya zat baru tersebut ditandai oleh warna dan bau yang berbeda. Bisa dikatakan jika warna dan bau berbeda maka partikel benda tersebut berbeda juga.

Selain disusun oleh molekul yang berbeda, sifat-sifat suatu materi yang berbeda juga dapat disebabkan oleh perbedaan susunan molekul-molekul dalam materi itu. Misalnya kayu yang dibuat pensil dan amilum yang berada di umbi kentang. Pada umbi kentang (umbi ketela pohon, talas, dan beras) juga mengandung pati atau amilum yang dapat kita makan untuk digunakan sebagai sumber energi. Pati disusun oleh molekul-molekul berantai panjang. Rantai panjang tersebut disusun oleh unit-unit molekul yang lebih sederhana disebut glukosa. Antara molekul glukosa yang satu dengan yang lainnya dihubungkan oleh atom oksigen dengan ikatan glikosida, seperti pada gambar dibawah ini.
Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Molekul glukosa (C₆H₁₂O₆) yang menyusun amilum tersusun dari atom C, H, dan O dengan perbandingan tertentu. Kayu pada pensil tersusun atas selulosa yang juga mempunyai rantai panjang (terdiri atas molekul glukosa). 

Selulosa dan amilum mempunyai molekul penyusun sama yaitu glukosa, tetap jenis ikatan antarmolekul glukosanya berbeda. Selulosa merupakan zat yang terasa keras tetapi jika zat tersebut termakan oleh manusia maka di dalam pencernaan tidak dapat dicerna sempurna oleh tubuh. Sedangkan amilum dapat dicerna dan digunakan sebagai bahan makanan. Keadaan tersebut menunjukkan bukan hanya banyaknya (jumlah) dan jenis atom penyusun dari molekul-molekul yang menyebabkan sifat zat tersebut dianggap berbeda, tetapi pola susunan dan jenis ikatan antarmolekul penyusun materi juga dapat menyebabkan zat atau materi itu mempunyai sifat kimia dan sifat fisika yang berbeda.

Rumus molekul menunjukkan jenis atom yang menyusun suatu molekul dan perbandingannya. Molekul air (H₂O) terdiri atas dua atom H dan satu atom O. Bila dua atom O mengikat dua atom H maka akan terbentuk senyawa yang berbeda yaitu hidrogen peroksida (H₂O₂). Ikatan antara air (H₂O) dan hidrogen peroksida (H₂O₂) bisa dilihat pada gambar berikut.
Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup


Sifat atau zat suatu materi dianggap berbeda jika memiliki hal-hal berikut ini:

1. Ditandai oleh warna dan bau berbeda.
2. Perbedaan susunan molekul-molekul dalam materi itu berbeda.
3. Pola susunan dan jenis ikatan antarmolekul penyusun materi berbeda.

Ada sekitar 25 unsur yang penting untuk keberlangsungan kehidupan makhluk hidup termasuk masnusia. Unsur-unsur penyusun tubuh manusia dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Materi Lengkap Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup - Mungkin sekian dulu ya pembahasan singkat ini tentang Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup. Semoga pembahasan singkat diatas dapat bermanfaat bagi teman setia Sains Seru. Jika ada yang mau ditanyakan bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah ya. Untuk pembahasan Nomor atom, Nomor Massa dan Konfigurasi Elektron dapat ikuti terus update artikel disini ya. Terimakasih atas perhatiannya, See You.
Previous
Next Post »