Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya

Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta SatuannyaSelamat pagi teman Sains Seru, kali ini kita akan mencoba membahas tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya. Materi ini sering kita temui di awal pelajaran IPA di kelas 7. Bagi teman-teman yang ingin lebih memahami lagi atau mengulas materi tersebut maka simak pembahasan dibawah ini ya.
Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya
Google Image - Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya
Besaran dan satuan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semua gejala alam yang dapat diukur disebut besaran. Besaran yang dimaksudkan disini adalah besaran fisika. Tahukah teman Sains Seru besaran fisika it apa? Besaran fisika adalah sesuatu besaran yang bisa diukur menggunakan alat ukur dan dinyatakan dalam bentuk angka. Misalnya panjang meja belajarmu adalah 125 cm, "jarak" disini menunjukkan besaran panjang "125" menunjukkan nilai besaran "cm" menunjukkan satuan dari besaran panjang. Itu salah satu contoh dari besaran dalam kehidupan nyata, kalian bisa menyebutkan contoh lain yang kalian temui di kehidupan.

Besaran dalam Fisika

Di dalam fisika besaran dibagi menjadi dua buah besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Apakah besaran pokok dan besaran turunan itu? Pertanyaan tersebut bisa kita jawab setelah teman Sains Seru benar-benar memperhatikan pembahasan materi dibawah ini ya, maka dari itu, simak dengan baik-baik ya dan sampai selesai juga ya supaya ketika nanti ada pertanyaan lain seputaran besaran teman Sains Seru dapat menjawabnya dengan mudah.

1. Besaran Pokok dan Satuan SI

Sebelum ada kesepakatan internasional, hampir tiap negara memiliki satuan tersendiri. Sebelum alat ukur panjang dibuat, orang terdahulu menggunakan bagian tubuhnya untuk mengukur panjang seperti 1 jengkal, 1 cubit, dan 1 kaki.Dapat teman-teman Sains Seru bayangkan jika setiap jengkal, cubit, dan kaki masing-masing orang berbeda-beda ini malah membuat pengukuran berbeda-beda.
Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya
Google Image - Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya
Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan pengukuran dengan teliti dan tidak menimbulkan kesalahpahaman, satuan pengukuran harus memiliki standar internasional. Nah, suatu perjanjian internasional telah menetapkan Satuan Sistem Internasional (International System of Units) atau sering disingkat dengan SI. Dalam SI pasti terdapat sebuah besaran pokok. Besaran pokok adalah besaran yang dimana satuannya telah ditetapkan oleh kesepakatan bersama (perjanjian internasonal) terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok lebih mudahnya dapat diketahui dari jumlah besarannya yang berjumlah 1 besaran saja.

Konferensi umum mengenai berat dan pengukuran ke-14 tahun 1971 telah menetapkan bahwa terdapat 7 besaran pokok. Ketujuh besaran tersebut adalah dasar dari Satuan Internasional (SI). Tujuh besaran pokok tersebut adalah sebagai berikut.

Tabel 1. Besaran pokok dan satuannya
No
Nama Besaran
Satuan
Singkatan
1
Panjang
meter
m
2
Massa
kilogram
kg
3
Waktu
sekon
s
4
Suhu
kelvin
K
5
Kuat arus listrik
ampere
A
6
Jumlah Zat
mole
mol
7
Intensitas cahaya
kandela
cd

2. Besaran Turunan dan Satuan SI

Setelah besaran pokok kita ketahui, selanjutnya kita ketahui juga kalau satuan luas (m²) diketahui bahwa satuannya yaitu meter dan meter terdapat 2 besaran pokok panjang. Besaran turunan adalah suatu besaran yang dihasilkan dari penurunan satu atau lebih dari besaran pokok itu sendiri. Mudahnya besaran turunan adalah besaran-besaran lain yang tidak termasuk dalam besaran pokok atau sering terdapat dua atau lebih besaran pokok. Besaran turunan dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 2. Besaran turunan dan satuannya
No
Nama Besaran
Perhitungan
Singkatan
1
Luas
panjang × lebar
m2
2
Volume
sisi × sisi × sisi
m3
3
Berat
massa × gravitasi
kg m / s2 = Newton
4
Massa Jenis
massa / volume
kg / m3
5
Kecepatan
Perpindahan / waktu
m / s
6
Gaya
Massa × percepatan
kg m / s2 = Newton
7
Energi Kinetik
Ek = ½ mv2
kg m2 / s2 = Joule

Besaran turunan ini tidak cuma yang disebutkan diatas, banyak besaran turunan lain yang dapat dituliskan seperti Percepatan gravitasi, Daya, Frekuensi, Periode, Perbesaran lensa, dan masih banyak yang lain lagi. Jadi harapannya teman Sains Seru dapat menyebutkan besaran turunan lain selain yang telah disebutkan diatas ya, intinya besaran turunan terdapat lebih dari dua besaran pokok.

Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya - Mungkin itu dulu pembahasan singkat tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan. Semoga pembahasan singkat diatas dapat bermanfaat bagi teman setia Sains Seru. Jika ada yang mau ditanyakan bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah ya. Untuk pembahasan Pengukuran Menggunakan Alat Ukur dapat ikuti terus update artikel disini ya. Terimakasih atas perhatiannya, See You.
Previous
Next Post »