Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya

Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya - Selamat sore teman Sains Seru, bertemu lagi nih setelah empat hari kita belum sempat update pembahasan materi karena ada kegiatan lain. Baiklah sekarang kita akan membahas tentang Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya. Mari simak pembahasan dibawah ini.
Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya
Google Image - Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya

Pada zaman dahulu, orang-orang memikirkan dan membuat pernyataan tentang partikel materi. Pendapat pertama dikemukakan oleh Leucippus dan Democritus (500 SM - 400 SM), yang menyatakan bahwa materi dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil sampai didapatkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi (diskontinu). Pendapat kedua oleh Aristoteles (384 SM - 332 SM), menyatakan bahwa materi dapat dibagi secara terus menerus menjadi bagian yang lebih kecil (kontinu).

Atom dan Molekul

Pemikiran Leucippus dan Democritus menghasilkan suatu pengertian bahwa partikel maerupakan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Bagian terkecil inilah yang dikenal dengan nama atom. Atom berasal dari bahasa Yunani atomos (a = tidak dan tomos = terbagi).

Untuk membuktikannya coba kita potong coklat menjadi dua, kemudian potong lagi menjadi 2 bagian, terus menerus setiap potongan coklat. Potongan tersebut nanti akan menjadi semakin kecil bukan? sampai kita sendiri akan sulit untuk memotongnya lagi. Itu merupakan perumpamaan dari atom tidak dapat dibagi lagi. Tetapi sebenarnya atom memiliki ukuran yang lebih kecil lagi sampai susah terlihat kecuali dengan bantuan alat khusus.

Pemikiran Leucippus dan Democritus tidak banyak diterima, melainkan pemikiran Aristoteles yang berpengaruh sangat lama. Sampai pada tahun 1803, seorang ahli ilmu Kimia dan Fisika bernama John Dalton mengajukan suatu teori tentang atom. Teori ini dikenal dengan Teori Atom Dalton. Isi teori tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang disebut atom.
  2. Setiap atom dalam suatu unsur memiliki sifat dan massa yang sama. Atom-atom dari unsur yang berbeda memiliki sifat-sifat dan massa yang berbeda juga.
  3. Molekul merupakan penggabungan dua atom atau lebih melalui ikatan kimia antar atom dengan perbandingan jumlah atom tertentu.
  4. Atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.
  5. Atom suatu zat tidak dapat diubah menjadi atom zat lain.

Nah itulah kelima Teori Atom Dalton yang diberikan, sekarang partikel materi suatu unsur adalah atom, sedangkan partikel materi suatu senyawa adalah molekul. Dibawah ini akan kita berikan beberapa contoh atom beserta rumus kimianya dan molekul beserta rumus kimianya. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel-tabel berikut ini:

Tabel 1. Beberapa Unsur dan Rumus Kimianya
No
Nama Unsur
Rumus Kimia
1
Besi
Fe
2
Emas
Au
3
Tembaga
Cu
4
Aluminium
Al
5
Karbon
C
6
Argon
Ar

Unsur-unsur dari tebel diatas hanya memiliki satu atorm. Oleh karena itu, unsur-unsur tersebut digolongkan ke dalam unsur monoatomik. Unsur yang memiliki satu atom biasanya disebut dengan atom, sedangkan jika unsur lebih dari satu maka disebut dengan molekul. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat tabel dibawah ini.

Tabel 2. Beberapa Unsur dan Rumus Kimianya
No
Nama Senyawa
Rumus Kimia
1
Asam klorida
HCl
2
Oksigen
O2
3
Air
H2O
4
Urea
CO(NH2)2
5
Karbon dioksida
CO2

Gabungan dua unsur atau lebih diatas merupakan senyawa / molekul. Materi berbentu senyawa seperti asam klorida, gas oksigen, air, pupk urea, dan gas karbon dioksida adalah contoh-contoh yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Molekul air  dengan rumus kimia H₂O terdiri atas atom-atom H dan O.

Contoh 1.
Materi yang memiliki partikel terkecil berupa atom adalah ...
a. CO                               c. H₂
b. Co                               d. KI
Jawab

Jawaban yang paling tepat yaitu yang b. Co (Kobalt).
karena CO, H₂, dan KI merupakan gabungan dari dua unsur yang disebut molekul.
Dimana    CO (Karbon monoksida) → gabungan unsur C dan O
                 H₂ (gas Hidrogen) → gabungan unsur H dan H
                 KI (Kalium Iodida) → gabungan unsur K dan I

Contoh 2.
Materi yang memiliki partikel terkecil berupa molekul adalah ...
a. CO                               c. C
b. Co                               d. Cr
Jawab

Jawaban yang paling tepat yaitu yang a. CO (Karbon monoksida).
karena Co, C, dan Cr merupakan unsur yang terdiri dari satu unsur yang disebut atom.
Dimana    Co → unsur Co (Kobalt)
                 C → unsur C (Karbon)
                 Cr → unsur Cr (Krom)

Perbedaan antara Atom dan Molekul Beserta Contohnya - Mungkin itu dulu pembahasan singkat tentang Atom dan Molekul. Semoga pembahasan singkat diatas dapat bermanfaat bagi teman setia Sains Seru. Jika ada yang mau ditanyakan bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah ya. Untuk pembahasan Partikel Ion dan Molekul Unsur dan Senyawa dapat ikuti update artikel disini ya. Terimakasih atas perhatiannya, See You.
Previous
Next Post »