Cara Mudah Memahami dan Menentukkan Perbandingan Dua Besaran

Cara Mudah Memahami dan Menentukkan Perbandingan Dua Besaran - Selamat malam teman Sains Seru semoga selalu ceria. Baik kali ini kita akan membahas materi matematika yang sering keluar yaitu  Perbandingan Dua Besaran. Materi ini biasanya sering keluar pada UN SMP, maka dari itu simak baik-baik ya pembahasan materi dibawah ini. 
Cara Mudah Memahami dan Menentukkan Perbandingan Dua Besaran
Google Image - Cara Mudah Memahami dan Menentukkan Perbandingan Dua Besaran

Kita telah ketahui bahwa Besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur atau dihitung, biasa dinyatakan dalam angka dan memiliki satuan.
Dari penjelasan diatas dapat diartikan bahwa besaran:
  • Dapat diukur atau dihitung
  • Memiliki nilai atau dinyatakan dengan angka
  • Memiliki satuan
Sebagai contoh misalkan terdapat data siswa dari sekolah SMP yang menyukai olahraga futsal dan olahrag basket. Dari 90 siswa terdapat 60 siswa yang menyukai olahraga futsal dan 30 siswa menyukai olahraga basket. Data diatas menunjukan bahwa 90 adalah angka sedangkan siswa adalah satuan yang digunakan.

Misalkan contoh yang lain Ani ingin membeli buah-buahan dipasar. Setelah sampai dipasar Ani ingin membeli buah apel sebanyak 10 buah, buah mangga 5 buah, dan buah semangka 2 buah. Ani membeli buah tersebut di pasa dengan di bantu oleh adiknya. Jika dilihat dari data diatas bahwa nilai dari 10, 5, dan 2 menunjukkan angka sedangkan buah apel, buah mangga, dan buah semangka adalah satuan yang digunakan. 

Sekarang kita telah ketahui sedikit dari pengertian dan contoh dari Besaran. Kemudian kita akan coba untuk membahas bagaimana membandingkan besaran tersebut. Baik teman-teman untuk Cara Mudah Memahami dan Menentukkan Perbandingan Dua Besaran ternyata tidak sulit, mari kita lihat syarat-syarat dibawah ini.

Syarat-syarat untuk menyatakan rasio atau perbandingan:
  1. Dinyatakan dalam pecahan, misalnya (1/5)
  2. Dipisahkan dengan titik dua, misalnya (1 : 5)
  3. Dipisahkan dengan kata dari, misalnya (1 dari 5)
Bagaimana teman-teman Sains Seru mudah bukan, untuk menentukkan perbandingan hanya memiliki 3 syarat saja kok, mari kita pertajam lagi dengan contoh soal. Untuk lebih memahami lagi mungkin bisa langsung dilatih dengan contoh soal seperti dibawah ini ya.

Ingat ya teman Sains Seru jawaban nantinya harus sesuai dengan salah satu dari ke tiga syarat yang telah dituliskan diatas ya, jika teman Sains Seru bisa mendapatkan jawaban sesuai dengan syarat diatas dapat dipastikan jawaban teman Sains Seru pasti benar deh di samping perhitungan yang harus teliti ya. Jangan lupa untuk selalu melihat kembali jawaban yang sudah di kerjakan ya.

Contoh 1:
Dari 90 siswa terdapat 60 siswa yang menyukai olahraga futsal dan 30 siswa menyukai olahraga basket. Berapakah rasio atau perbandingan banyak siswa yang menyukai futsal terhadap jumlah siswanya.
Jawab
Siswa suka futsal = 60
Jumlah siswa = 90

Maka perbandingannya adalah 60/90 = 2/3 atau 2 : 3 atau 2 banding 3

Nilai 2 dan 3 diatas dihasilkan dengan cara memperkecil atau bisa dengan membagikan angka 60 dan 90 menjadi lebih kecil (dalam contoh diatas masing-masing dibagi 30). Jadi 60 bagi 30 = 2 dan 90 bagi 30 = 3.

Contoh 2:
Terdapat tabel berikut

Nama Pohon dan Asal
Tingkat Kepunahan
Tinggi (m)
Diameter (cm)
Damar (Maluku)
Rentan
65
150
Ulin/Kayu Besi (Kalimantan)
Rentan
50
120
Kayu Hitam Sulawesi (Sulawesi)
Rentan
40
100
Gaharu (Kalimantan)
Rentan
40
60
Ramin (Kalimantan)
Rentan
40
20

Pertanyaan:
  • Anton mengatakan bahwa rasio diameter Ramin terhadap diameter Ulin adalah 1 : 6. Apakah pernyataan Anton benar.
  • Ira mengungkapkan bahwa selisih dari tinggi pohon Damar dan pohon Gaharu sebesar 25. Apakah pernyataan itu benar, jelaskan?
  • Leni mengatakan bahwa keliling Ulin sekitar tiga perempat kali keliling Damar. Apakah benar, jelaskan?
Jawab
  • Benar. Perbandingan diameter Ramin terhadapa Ulin adalah 20 : 120 atau 1 : 6 (masing-masing dibagi 20)
  • Benar. Tinggi Damar 65 dan tinggi Gaharu 40, jika ditanyakan selisih maka nilai terbesar di kurang dengan terkecil (65 - 40 = 25).
  • Salah
Keliling Ulin = ⫪ × d = 120⫪
keliling Damar = ⫪ × d = 150⫪.
Maka perbandingan keliling Ulin terhadap Damar (120⫪ : 150⫪ = 4 : 5). Dibagi dengan 30⫪ maka hasilnya menjadi 4/5 atau empat per lima.

Cara Mudah Memahami dan Menentukkan Perbandingan Dua Besaran - Mungkin sekian dulu ya pembahasan singkat ini tentang Perbandingan Dua Besaran. Semoga pembahasan singkat diatas dapat bermanfaat bagi teman setia Sains Seru. Jika ada yang mau ditanyakan bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah ya. Untuk pembahasan selanjutnya dapat ikuti terus update artikel disini ya. Terimakasih atas perhatiannya, See You.
Previous
Next Post »